Rabu, 03 Mei 2017

Yamaha RS 125cc Cafe Racer


OTOMOTIF.ORG - Motor Yamaha RS125 ini adalah motor pemberian dari almarhum kakek saya, motor ini dibelinya saat pertama kali muncul di pasaran dimana Yamaha RS125 ini ia sebut salah satu seri dari Yamaha yang pertama masuk pasar otomotif Indonesia dan masih dirakit di Jepang tidak seperti penerusnya seperti L2/L2G/L2S yang memang sudah dirakit di Indonesia.

Sayangnya, ketika kakek mulai sakit-sakitan, tidak ada lagi yang mau merawat motor ini, dan motor ini pun terbengkalai di gudang selama bertahun-tahun. Kakek saya pun tidak pernah berencana untuk menjualnya, karena motor ini adalah motor kesayangannya yang senantiasa menemaninya di masa-masa muda dulu.


Saat itu saya langsung meminta izin pada kakek saya untuk merawat dan sedikit merubah tampilan dari motor kesayangannya ini dan ia pun mengizinkannya dengan catatan saya tidak boleh menjual motor ini dengan alasan apapun.

Motor ini pun jadi motor kedua untuk saya, setelah sebelumnya saya membeli motor KZ200 yang sekarang saya namai Bow Down. Dan masih sama konsepnya seperti pendahulunya, RS125 ini ingin saya ubah agar sedikit membungkuk , maka saya putuskan untuk merubahnya menjadi motor café racer.


Untuk proses customnya sendiri cukup saya kerjakan di belakang rumah, karena tidak banyak merubah bentuk aslinya.  Memang saya juga berniat ingin tetap mempertahankan penampilan originalnya untuk mengenang motor ini saat dikendarai kakek dulu.

Frame saya ubah sedikit di bagian belakang untuk membuat dudukan hornet dengan sistem plug and play, dimana saat saya bosan dengan tampilan sekarang, saya cukup melepas baut dudukan hornet dan jok ala-ala tracker pun siap menggantikan hornetnya.


Suspensi depan belakang saya ubah menggunakan suspensi dari Honda GL200 karena suspensi originalnya sudah tidak mungkin direparasi, selain itu saya ingin berkendara dengan cukup nyaman.

Swingarmnya saya ubah menggunakan swingarm dari Yamaha RX series karena saya ingin tampilan yang lebih panjang menyesuaikan dengan frame dan hornetnya, juga untuk menyeimbangkan sumbu rodanya karena saya memilih untuk memakai velg ring 18” agar motor ini tampil lebih berisi.


Dan yang paling nyeleneh dari motor ini adalah mufflernya,  banyak yang bertanya “Mas, itu motornya 2tak kan?” Saat itu di pasaran saya belum bisa menemukan muffler yang cocok tampilannya untuk motor ini. Jadi saya putuskan untuk memakai muffler motor 4tak , agar suaranya tidak terlalu bising dan tidak merubah performa mesinnya, saya buatkan kisi-kisi saringan di bagian tengah hingga ujung mufflernya agar menyerupai muffler motor 2tak sebagaimana mestinya.

Warna aslinya pun tidak saya ganti, kembali untuk mengingat masa-masa saat motor ini masih dikendarai kakek saya. Hanya direpaint dengan warna yang sama dan diberi striping yang sedikit kekinian.

Merubah motor ini menjadi café racer tidak memakan banyak biaya, sangat terjangkau, banyak parts originalnya yang saya pertahankan. Karena untuk tampil beda dan menarik, tidak selalu harus mahal kan? Sekarang Yamaha RS125 ini menjadi motor sehari-hari saya, cukup nyaman dikendarai di jalanan kota.

Ditulis oleh: Muhammad Nandira Yudhi Prayoga

Artikel Terkait

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar. Namun, berkomentarlah dengan sopan supaya kita jadi teman. Gunakan "Emoticon", untuk memberi ekspresi pendapat.
EmoticonEmoticon