Sabtu, 26 Januari 2019

Kawasaki Ninja 250 Kipas Radiator Mati


OTOMOTIF.ORG - Halo rekan-rekan para pemilik sepeda motor khususnya Kawasaki Ninja 250. Pada artikel kali ini saya akan membagikan solusi mengenai masalah yang sering terjadi pada Ninja 250 kesayangan anda. Diantaranya adalah masalah kipas radiator yang sering tidak berfungsi.

Artikel ini saya tulis karena di group banyak yang bertanya tentang solusi untuk masalah tersebut dan semoga artikel ini menjadi informasi yang berguna untuk anda semua dan semoga ini menjadi catatan yang baik untuk anda sehingga tidak perlu was-was ketika masalah itu terjadi.

Beberapa hal yang membuat para pemilik Kawasaki Ninja 250 was-was adalah anda yang baru pertama kali memiliki motor tersebut. Terlalu khawatir motor rusak, itu menjadi masalah utama. Perlu diingat, kipas radiator memilik saklar otomatis. Kipas tidak mesti nyala terus menerus melainkan menyesuaikan suhu dari thermistor atau bahasa lainnya jika motor belum panas, kipas tidak perlu berputar terus.

Yang kedua, saya yakin, beberapa orang terkadang malas untuk mengecek kondisi motornya. Bahasa kasarnya cuma bisa naik motor doang gak peduli sama kesehatan motornya. Ingat, untuk rekan-rekan para pemilik Ninja 250 harus sering cek air radiatornya.

Air radiator jangan sampai kurang dari batas normal, ini bisa berakibat bagian sensor pada kipas radiator tidak akan akan berfungsi dan kipas radiator tidak akan bekerja. Apalagi sampai kosong air radiatornya. Jebol radiatormu, mumet ndasmu.

Yang ketiga, jangan panik ketika kipas radiator mati. Matikan motor dan cek kelistrikan. Semoga saja ini hanya masalah sikring mati. Lokasi sikring berada di bawah jok depan ada panel sikring, dan cek apakah ada sikring yang putus?

Yang rada parah adalah yang keempat, switch atau sensor thermostat putus. Nah kalau bagian yang ini, mau gak mau harus ganti baru, dengan cara dibawa ke dealer Kawasaki Motor terdekat. Yang ini harus siap-siap merogoh dompet rada dalam untuk penggantian switch dan biaya pemasangan serta biaya tambahan beli cemilan sama kopi sambil nunggu penggantian parts.

Yang kelima dan ini yang terakhir, adalah mengecek fungsi bagian kipas radiator itu sendiri. Terkadang karena usia motor yang sudah agak lama dan minim perawatan kipas radiator sudah tidak layak sehingga dia lelah dan tidak berfungsi alias mati total, segera ganti sebelum terlambat. Jangan sampai overheat Ninja 250 kesayanganmu.

Tags

Terima kasih telah berkunjung, silahkan berkomentar. Namun, berkomentarlah dengan sopan supaya kita jadi teman. Gunakan "Emoticon", untuk memberi ekspresi pendapat.
EmoticonEmoticon